Jumat, 12 November 2010

Samsung i8910 Omnia HD

Samsung i8910 Omnia HD
Samsung i8910 Omnia HD

Dengan seri i8910 Omnia HD, Samsung tampaknya ingin merasakan kinerja sistem operasi Symbian S60 5th Edition.

Omnia HD didesain berlayar sentuh luas berkekuatan AMOLED 16 juta warna berukuran 3,7 inci. Sifat layar yang kapsitif membuat sensitif terhadap sentuhan jari. Tampilan menu sistem operasi Symbian S60 5th Edition terasa atarktif dengan dilengkap sensor gerak (accelerometer) untuk autorotate. Belum lagi adanya tampilan Touchwiz pada homescreen memudahkan untuka akses menu. Dibalut dengan warna hitam glossy, bodi ponsel ini tahan terhadap goresan.



Kamera 8 Megapiksel
Omnia HD berkamera 8 megapiksel yang dilengkapi fasilitas fotografi yang cukup maksimal. Seperti Autofocus, Flash, White Balance, ISO, Exposure, Face/Smile detection dan Geotagging. Hasil fotonya terlihat sangat jernih pada baik pada ruang indoor atau otdoor. Kamera juga mampu merekam video dengan resolusi high definition 1280 x 720 piksel, dengan kecepatan rekaman sampai 24 fps. Ini membuat hasil rekaman video terlihat halus dan tidak patah-patah

GPS
Omnia dilengkapi dengan GPS reciever yang dilengkapi software navigasi SatNav dan Digital Compass. Untuk peta digitalnya, Omni HD akan mengunakan peta digital dari Route66. Sayangnya navigasi suara yang dimiliki peta digital ini tidak gratis dalam penggunaannya. Sehinga pengguna harus membayarnya lagi.

HSDPA & WiFi
Omnia HD sudah memungkinkan untuk akses internet cepat. Karena sudah mensuport jalur akses HSPDA (3,5 G). Bahkan juga sudah mensuport jalur HSUPA yang memungkinkan merasakan kecepatan upload sampai 5.76 Mbps. Tentu saja hal ini tergantung dari kekuatan sinyal operator yang digunakan. Bagi yang ingin online via hotspot, ponsel ini juga sudah dibekali denagn WiFi.

Musik Player
Musik Player di Omnia HD didukung dengan fitur DNSe 2.0 (Digital Natural Sound Engine). Tetapi tidak dapat berjalan secara simultan dengan Dolby Surround yang juga dimilikinya. Suara lagu yang terdengar ternyata juga kurang sangar. Music Player juga dilengkapi tampilan visualisasi 3D sehingga semakin menarik saat memutar lagu.

Video player
Omnia HD memiliki dua Video Player yaitu Real Player bawaan Symbian, dan Video Player milik Samsung yang mensupport video jenis DivX/XviD resolusi 1280 x 720 piksel.

Quick Office
Saat menerima attachment file Microsofta Office (Word, Excel, Power Point), dapat langsung dibuka. Karena sudah dibekali Quick Office. Juga bisa untuk mengedit dan membuat baru file Office.

Communities
Untuk mengakomodir aktifitas internet zaman sekarang, disediakan link aplikasi : Youtube, Facebook, Picasa, Flickr, Photobucket, friendster dan Myspace. 

TouchWiz on Symbian
Meski Omnia HD sudah mengadopsi sistem operasi Symbian S60 5th Edition, tapi Samsung masih membekali user interface Touchwiz


Kesimpulan:
i8910 Omnia HD merupakan sebuah smartphone multimedia yang mumpuni. Kemampuan fotografinya bagus, Video Player-nya cukup mengesankan, koneksi internet lengkap, plus tampilan user interface-nya yang atraktif. Sayangnya harga yang dipatok terbilang cukup mahal.

Plus:
-    Bisa merekam dan memutar video high definition
-    Suport HSDPA, HSUPA, WiFi
-    Berkamera 8 megapixel
-    Dibekali GPS plus aplikasi navigasi
-    Symbian S60 5th edition ditemani TouchWiz

Minus:
-    Kualitas suara speaker kurang sangar
-    Tidak dilengkapi aplikasi Facebook for Symbian S60 5th edition
-    Layar sentuh agak merepotkan bagi yang belum terbiasa

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates
Html Editing by Ireng Blog | Backlink by Danang Blog - Blog Dopping